Hal Positif yang Dapat Dilakukan Selama Kegiatan Online (Mading 1)



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halo kakak-kakak, gimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja ya.

Berhubung ini waktunya membuat mading. Jadii... kali ini kami akan membagikan Mading Racana dengan judul "Hal Positif yang Dapat Dilakukan Selama Kegiatan Online" Penasaran hal positif apa yang dapat dilakukan? Check this out..

PEMBINA

“Setiap langkah akan menimbulkan jejak

Tidak ada yang tau kapan kehidupan akan berakhir

Menjadi bagian dari kenangan terindah dan menanam  kebaikan dapat menjadi jejak penuh makna.”


Sekretaris Dewan Racana

Pada saat kegiatan online kita bisa bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk beribadah kepada Allah Subhanaallah wa ta'ala, misalnya kita bisa Sholat Sunnah, membaca Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an, dan selalu mengamalkan segala perintah-Nya karena dengan hal tersebut kita bisa mendekatkan diri kepada Sang Illahi


Janganlah takut kepada virus, karena sejatinya virus hanyalah sebuah ciptaan Allah Subhanaallah Wa Ta'ala 

Tetaplah berproses walaupun pikiran stress karena

لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

 (Allah tidak akan membebani umatnya melainkan sesuai dengan kesanggupannya)


Bidang Kaderisasi

8 hal positif yang dapat menciptakan aktivitas quality time yang menyenangkan bersama keluarga di rumah.


1. Memasak bersama

Tidak perlu memasak sesuatu yang rumit. Beberapa ide yang bisa anda lakukan misalnya membuat kue kering atau masakan sederhana untuk dijadikan camilan pun akan terasa menyenangkan.


2. Olahraga bersama

Olahraga di rumah dapat dilakukan dengan sekedar jalan pagi, jogging, atau senam di area rumahmu.


3. Mengerjakan pekerjaan rumah

Cara ini bukan hanya bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu bersama menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga mengajarkan anak-anak Anda untuk belajar bertanggung jawab.


4. Membuat karya seni bersama, seperti melukis dan bermain cat air bersama.

Cara ini sekaligus dapat mengasah kreativitas anak. Sebelum memulai aktivitas ini, alasi lantai atau meja dengan kertas atau koran bekas. Lalu letakkan media yang akan digunakan oleh anak untuk bermain cat air dan rekatkan dengan selotip atau lakban.


5. Menonton film bersama

Film bisa menjadi alternatif terbaik untuk mempererat hubungan dengan anggota keluarga. Cobalah untuk memilih beberapa film bersama dan bangunlah diskusi dari tontonan tersebut.


6. Membaca buku bersama

Cara ini tidak hanya akan membantu kemampuan membaca, pemahaman dan kosakata, melainkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak. Anda juga dapat mengajak anak untuk belajar mengutarakan pendapat mereka setelah membaca buku.


7. Bermain games bersama

Salah satu bentuknya bisa melalui memainkan suatu games yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Misalnya board games seperti monopoly, bananagrams, UNO, hingga scrabble. Jangan lupa untuk abadikan momen-momen sewaktu bermain, untuk menambah keseruan sekaligus jadi kenang-kenangan suatu hari nanti.


8. Bercerita bersama

Bercerita bersama merupakan aktivitas yang baik untuk membangun intimasi dan keterbukaan antaranggota keluarga. Antara orang tua dan anak dapat saling berbagi kisah dan pengalaman masing-masing. Orang tua juga dapat menceritakan tentang silsilah keluarga atau berbagi pengalaman masa muda mereka pada anak-anak. Selain menguatkan keintiman dan keterbukaan antaranggota, masing-masing juga dapat memetik suatu pelajaran yang berharga dari pengalaman yang dibagikan.


Virus corona mengajarkan kita untuk menjaga jarak karena yang dekat belum tentu jadian. Karena virus corona juga, kita jadi paham artinya rindu dan berharganya pertemuan. Semangat LDR🤗


"Musibah itu meruntuhkan keangkuhan, bukan menambah keakuan. Dan wabah itu mendekatkan pada Tuhan, bukan menjauhkan.Boleh pasrah, tapi jangan menyerah."


Jagalah suasana hati kalian, bahkan dalam situasi paling kacau sekalipun. Semangat kuliah tetap jaga mood kalian😇

Setiap orang adalah pahlawan dengan caranya masing-masing, tetap semangat dan jaga kesehatan."


Semua manusia memiliki kesempatan yang sama, jadi tetap semangat untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.


Nah, gimana kakak-kakak? Positif banget kan kegiatan yang disebutkan. Boleh banget nih kak, motivasi dan rekomendasi kegiatan yang diberikan oleh kakak-kakak racana di atas diterapkan, tentunya akan sangat seru dilakukan.

Jangan lupa tetap semangat dan tetap produktif yaa..

Sampai jumpa di mading selanjutnya, stay tune!


Komentar