Rewind : RAD's Quarter 2021 (Mading 2)


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halo kakak-kakak, gimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja ya.

Selamat bertemu lagi dengan Mading Racana. Daann... kali ini Mading Racana hadir dengan judul "Rewind : RAD's Quarter 2021" Penasaran kan hal apa saja yang sudah terlalui? Check this out...


Ketua Dewan Racana

Walaupun di tahun 2021 Covid-19 masih ada, kami sudah bisa beradaptasi dengan melakukan kegiatan secara daring. Salah satu program kerja yang sudah terlaksana secara daring yaitu Milad RAD UMS ke-38. Kami yang biasanya mengundang teman-teman racana sahabat se-Indonesia dan bisa berjumpa sambil berbagi cerita, maka tahun ini hanya bisa bertemu secara virtual. Tetapi, Alhamdulillah bisa berjalan dengan sukses. Kesuksesan program kerja ini tidak terlepas dari partisipasi anggota dan juga purna racana.

Menyikapi kondisi saat ini, kita harus bisa berfikir kreatif dan inovatif agar program kerja tetap terlaksana walaupun secara daring dan roda organisasipun bisa tetap berjalan.


Bidang Rumah Tangga dan Kewirausahaan

JANUARI 2021

Bencana silih berganti melanda Indonesia pada awal 2021. banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan akibat hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap, Minggu (3/1/2021) , Bencana longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1/2020), Selain bencana alam, ada satu peristiwa yang memilukan saat pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021), dan gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) membuat kerusakan yang cukup parah. 42 orang meninggal dunia akibat gempat tersebut. Perinciannya yakni 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 8 lainnya di Kabupaten Majene. Tidak hanya itu saja, kasus Covid-19 di Indonesia juga terus melonjak tajam Pandemi Covid-19 sudah berlangsung 10 bulan di Indonesia, tetapi jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 masih terus bertambah. Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga Jumat (15/1/2021), ada penambahan 12.818 kasus baru Covid-19 dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Ini merupakan rekor tertinggi selama pandemi


FEBRUARI 2021

Memasuki bulan kedua Februari tahun 2021, pandemi Covid-19 tampaknya masih sulit untuk dikendalikan. Penambahan pasien corona mencapai hampir 20 juta jiwa selama Januari 2021 kemarin.

Lonjakan kasus Covid-19 mulai kembali terjadi sejak akhir Desember 2020. Puncaknya, penambahan pasien corona mencapai 845.285 jiwa dalam 24 jam pada Jumat 8 Januari 2021.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Worldometers, total kasus Covid-19 di dunia per Senin, 1 Februari 2021 pagi mencapai 103.502.373 jiwa.

Indonesia menjadi negara dengan kasus harian tertinggi di Asia yakni sebanyak 12.001 berdasarkan data per 31 Januari 2021. Di peringkat kedua diduki India dengan penambahan kasus harian 11.528.


MARET 2021

Hari tanpa bayangan menjadi fenomena langit yang akan menghiasi langit Indonesia di Bulan Maret 2021 ini. Menurut Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo, sepanjang bulan Maret 2021 ini, Matahari akan melintasi Indonesia, sehingga membuat puluhan kota di Indonesia mengalami hari tanpa bayangan. Matahari melintasi Indonesia adalah peristiwa langit, di mana Matahari seakan-akan ada di atas Kepualauan Indonesia dari satu tempat ke tempat berikutnya pada saat kulminasi atas

Tangki di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami kebakaran pada Senin (29/3/2021) dini hari. Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero). Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan petrokimia. Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 kilometer arah timur Jakarta. Akibat dari insiden ini, ratusan warga sekitar lokasi kebakaran terpaksa harus mengungsi ke tempat lebih aman. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, atas insiden ini sebanyak 932 jiwa diungsikan.


Pemangku Adat

Dalam hikmah dari peristiwa yang terjadi di Indonesia : 

Pada dasarnya semua hal yang kita dapatkan di dunia ini akan kembali kepada sang pencipta dan hukum alam semesta akan selalu di atas segalanya.

Dalam hikmah dari kegiatan racana yang terlaksana:

Sesama manusia harus selalu tolong menolong karena pada dasarnya manusia yang hidup di dunia ini akan hidup rukun jika kita saling hidup rukun dan saling menghargai satu sama lain. Menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan ikhlas karena apa yang kita lakukan akun kembali lagi kepada kita.

Walau setetes semparkanlah untuk selalu menuang. Sekalipun hari hari mu menyebalkan, sekalipun kerinduan menyakitkan dan sekalipun fikiran mu berantakan, yakinlah esok hari tetesanmu akan menguatkan jiwa mu.


Bidang Pamong Ikatan Dhimas Diajeng

1/4 dari tahun ini telah kita lalui dengan penuh perjuangan, tangis air mata seperti sudah menjadi pemandangan yang biasa. Namun, kini saatnya kita bangkit. Jangan biarkan apa-apa yang menekan kita membuat kita hancur. Dunia yang lama sudah lewat. Beberapa kebiasaan akan hilang dan akan diganti dengan kebiasaan baru yang lebih baik.



Wah, ternyata banyak ya kak, hal yang terlalui di awal tahun ini. Pastinya ada banyak hikmah juga yang dapat diambil dari hal-hal tersebut. Semoga kakak-kakak semuanya tetap semangat dan kuat yaa.. Dan jangan lupa kuatkan ibadah dan doanya ya kak, agar kita semua, Indonesia, dan Dunia menjadi lebih baik

Sampai jumpa di mading selanjutnya, stay tune!

Komentar